Kesuksesan Bermodalkan Khusnudzon Kepada Allah SWT

Kesuksesan Bermodalkan Khusnudzon Kepada Allah SWT

Sebuah penggalan hadist Qudsi (hadis yang diriwayatkan oleh Nabi SAW dari firman Allah SWT) yang sangat luar biasa efek dan manfaatnya. Diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim,
(Ana ‘Inda Dzonni Abdi bi…) …أَناَ عِندَ ظَنِّ عَبْدِي بِي
“Sesungguhnya Aku (Allah) sesuai dengan prasangka hambaKu…”
 
Inilah kekuatan khusnudzon (berbaik sangka) kepada Allah dan kepada siapapun, termasuk dalam berbisnis atau memulai usaha. Istilah “khusnudzon” ini sudah sangat awal sekali diperkenalkan Islam sebelum adannya istilah “positif thinking” yang banyak dilontarkan para pebisnis saat ini. Begitu majunya pemikiran islam yang sebenarnya untuk mengajarkan umatnya dalam kehidupan yang lebih baik.
 
Orang yang bermental maju dan sukses atau kaya, berkhusnudzon (berbaik sangka) bahwa dia akan dapat mencapai cita-citanya dan mampu melakukan sesuatu yang lebih dari sekedar batasnya saat ini. Sementara orang yang suudzhon (berburuk sangka) akan cenderung banyak alasan dalam melakukan sesuatu (banyak pikiran negatifnya dari pada positifnya).
 

Tips Kesuksesan Bermodalkan Khusnudzon Kepada Allah SWT

Ciri-cirinya kurang lebih seperti ini,
Orang yang berkhusnudzon akan menganggap sesuatu yang ada didepannya sebagai peluang atau kesempatan baik yang dapat dicapainya. tetapi orang yang bersuudzon beda lagi urusannya, dikasih modal uang, dia bilang mau dipakai bisnis apa?, dikasih modal uang dan diberikan jalan untuk berbisnis, masih bimbang mau bisnis modern atau konvensional, diberikan modal dan bisnis dan konsep modern, dia bilang banyak pesaingnya, dan tidak akan selesai sampai disitu. Akan selalu ada alasan yang mengikat dia untuk keluar sebagai orang yang sukses.
 
Kecenderungan suudzon inilah yang harus dikonversi menjadi khusnudzon, sama-sama berpikirnya kenapa seseorang memilih suudzon dari pada khusnudzon? padahal jika kira khusnudzon, Allah dalam firmanNya bahwa “Aku (Allah) sesuai dengan prasangka hambaKu“. Alangkah ruginya jika seseorang memilih suudzon jika demikian ini yang akan terjadi.
 
Mari maju bersama, kesukseksesan adalah pilihan kita yang pada awalnya hanya memilih menurut hati dan pikiran kita, mau berKhusnudzon atau berSu’udzon?
Semoga bermanfaat sharing tentang Kesuksesan Bermodalkan Khusnudzon Kepada Allah SWT, Silakan bagikan jika ini bermanfaat dan dapat memberikan semangat berlipat kepada Anda dan teman-teman di sekitar Anda.
Salam sukses,
Suyud Ahmad Sahal
Kesuksesan Bermodalkan Khusnudzon Kepada Allah SWT - Suyud Ahmad Sahal

Kesuksesan Bermodalkan Khusnudzon Kepada Allah SWT – Suyud Ahmad Sahal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *